Gambar STAN1

F.A.Q PKN STAN dan USM PKN STAN

Berikut ini adalah daftar-daftar pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan Kampus PKN STAN ataupun USM PKN STAN. Untuk lebih memudahkan navigasi, kami membagi pertanyaan dalam kategori “Kampus PKN STAN” dan “USM PKN STAN”.

Daftar pertanyaan ini akan diupdate berkala :)

PKN STAN itu apa?

Super sekali pertanyaannya! Biar ngga kepanjangan bahas di sini, kamu bisa langsung baca aja selengkapnya di artikel Tentang PKN STAN

PKN STAN itu ada dimana?

PKN STAN itu pusatnya ada Bintaro, Tangerang Selatan. Khusus untuk D-III Bea Cukai ada di Rawamangun Jakarta Timur. Selain itu untuk pendidikan D-I dilaksanakan di Balai DIklat Keuangan di

PKN STAN nerima mahasiswa laki aja?

Ngga kok, PKN STAN juga nerima mahasiswa perempuan. Yang khusus laki-laki itu adalah spesialisasi D3 Bea Cukai

PKN STAN ada S1 nya ngga?

Ngga ada, adanya D-I dan D-III. Itu untuk program reguler yaa. Kalo untuk program non-reguler ada yang namanya D-IV.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai daftar program studi PKN STAN kamu bisa baca artikel: Jurusan di PKN STAN

Kuliah di PKN STAN bayar berapa?

Gratis bro..! Tapi ngga semua gartsi sih, masih ada biaya-biaya lain yang ditanggung pribadi. Kamu bisa baca artikel Biaya-biaya selama kuliah di PKN STAN untuk gambaran lebih lengkap

Kalo udah lulus kerja di mana?

Lulusan PKN STAN akan diangkat menjadi PNS sesuai prosedur dan akan ditempatkan di berbagai instansi pemerintah, dan sebagian besar akan masuk di Kementerian Keuangan.

PKN STAN masih ikatan dinas?

PKN STAN tidak ikatan dinas, karena ciri-ciri ikatan dinas itu adalah 1) pendidikannya gratis, 2) setelah lulus langsung diangkat jadi PNS tanpa tes lagi, dan 3) biasanya dapat uang saku.

Sedangkan PKN STAN hanya memenuhi unsur nomor 1 yaitu pendidikannya gratis. Sehingga lebih tepat dikatakan kalau PKN STAN itu adalah Perguruan Tinggi Kedinasan Non Ikatan Dinas.

Tapi meskipun begitu, tenang aja, karena pada kenyataannya prosedur penerimaan USM PKN STAN 2016 telah memastikan bahwa lulusan PKN STAN pasti diangkat menjadi PNS. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan TKD yang menjadi syarat pengangkatan CPNS telah dilakukan di awal.

Info tentang TKD selengkapnya bisa kamu baca di artikel Tes Kompetensi Dasar bagi Mahasiswa PKN STAN

Kenapa PKN STAN cuma nerima mahasiswa dikit?

Jumah penerimaan mahasiswa untuk setiap Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) itu selalu didasarkan atas kebutuhan pegawai negeri di masa mendatang. Buat info kamu aja, beban APBN terbesar ada pada belanja pegawai (berkaitan dengan gaji pegawai negeri) yang artinya penerimaan pegawai negeri yang baru haruslah efektif dan efisien. Itulah mengapa jumlah mahasiswa PTK tidak terlalu banyak.

Btw, sebagai informasi saja bahwa kuota mahasiswa PKN STAN 2016/2017 adalah sebanyak 3.650 orang. Sumbernya di sini

Kalo pengen bisa masuk PKN STAN gimana caranya?

Satu satunya cara untuk bisa masuk dan menjadi mahasiswa PKN STAN adalah dengan lolos ujian saringan masuk yang bernama USM PKN STAN. Informasi tentang USM PKN STAN bisa kamu baca lebih lengkap di sini: klik

Oiya, infopkntan.net juga kasih tips buat kamu di artikel Tips Menembus USM PKN STAN

Masuk PKN STAN itu susah ya?

Susah itu relatif kok. Tapi kalo gue boleh bilang, masih lebih susah SBMPTN dan ujian universitas lainnya. Alasannya adalah karena Tes Tulis USM PKN STAN hanya terdiri Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris.

PKN STAN kuliahnya semi militer?

Ngga kok. Sistem semi-militer hanya diterapkan di spesialisasi Bea Cukai

Di PKN STAN senior nya gimana? Serem serem kaya kampus kedinasan lain? :(

Big No! Di sini ngga ada yang namanya senioritas kok. Cukup dengan menghormati kakak kakak kelas aja. Asli deh, di sini kakak tingkatnya baik baik semua

Di PKN STAN ada asrama?

Ngga ada bro..! Mahasiswa PKN STAN tidak diasramakan, jadi kita ngekos gitu. Dan menurut opini gue, lebih enak ngekos sendiri daripada asrama, karna kita jadi lebih bebas berekspresi. Yeaah..!

Dapet uang saku kaya di STIS ngga?

Uang saku dapet sih, tapi hanya di dua semester akhir.

Kalo udah lulus dari PKN STAN, langsung kerja?

Ngga dek. Lulusan PKN STAN akan melalui beberapa prosedur dulu sebelum menjadi PNS. Kamu bisa baca alur pengangkatan mahasiswa PKN STAN jadi PNS di sini

Oiya, tahun tahun sebelumnya TKD yang menjadi syarat pengangkatan CPNS dilakukan setelah mahasiswa lulus, namun (mulai) tahun 2016 ini TKD dilaksanakan sebagai bagian dari tahapan USM PKN STAN. Dengan langkah ini sepertinya akan terwujud kembali yang namanya: Lulus Langsung Kerja

Setelah lulus dari PKN STAN, berapa lama jadi PNS nya?

Masa wajib dinas nya adalah 3n + 1. “n” adalah lamanya tahun kamu belajar. Misalnya nih kalo D-III dengan masa studi 3 tahun maka masa wajib dinasnya adalah 3×3+1 = 10 tahun. Untuk D-I masa wajib dinasnya adalah 3×1+1 = 4 tahun.

Setelah masa wajib dinas selesai, bebas untuk meneruskan sebagai PNS atau memilih keluar. Tapi, kebanyakan sih memilih untuk terus. Pasti laaah, kan jadi PNS hidup udah terjamin 😀

Jurusan di PKN STAN apa aja?

Ada 4 dek: Akuntansi, Manajemen Keuangan, Pajak, dan Bea Cukai.

Informasi lebih lengkap bisa kamu baca di artikel Jurusan-jurusan yang Ada di PKN STAN

Kuliahnya bisa milih tempat ngga?

Kalo ini ngga bisa. Masalah lokasi pendidikan ditetapkan sepenuhnya oleh pihak Kampus PKN STAN.

Kalau gue bilang, diambil oke nya aja. Kalau lokasi pendidikanmu ada di luar wilayah atau bahkan luar pulau, anggap aja itu sebagai wisata selagi muda. Sekaligus itu bisa jadi pemanasan sebelum kamu jadi PNS nanti.

Anak IPA kalo masuk PKN STAN bisa ngga? Aku anak IPA kak, belom diajarin akuntansi.

Bisa banget, malah berdasarkan survey kita nih ya, kebanyakan mahasiswa PKN STAN adalah dari IPA. Tapi bukan berarti yang dari jurusan lain jadi putus asa loh ya, keep fighting..!

Sistem kuliah di PKN STAN gimana?

Kamu mungkin bisa langung aja baca artikel Sistem Perkuliahan dan Peraturan di PKN STAN

Aku udah keterima SNMPTN tapi pengen coba PKN STAN. Tapi USM PKN STAN kan prosesnya lama dan banyak yang diujikan. Gimana kak?

Hmm..

Hidup adalah pilihan nak. Itu adalah permasalahn yang harus kamu ambil sendiri pilihannya. Banyakin doa dan sholat istikhoroh aja yaa :)

Emm..kak. PKN STAN itu apa yaa?

–_____________–

Makanya tong, kalo baca dari atas jangan dari bawah wkwkwk

.

USM PKN STAN itu apa?

Baca selengkapnya di sini deh, artikel Tentang USM PKN STAN

Syarat USM PKN STAN apa aja?

Baca selengkapnya di sini deh, artikel Tentang USM PKN STAN

USM PKN STAN yang diujikan apa aja?

Baca selengkapnya di sini deh, artikel Tentang USM PKN STAN

USM PKN STAN 2016 kapan dibuka?

Udah dibuka kok. Informasi nya bisa kamu baca di sini

Penilaian USM PKN STAN gimana?

Sama seperti SBMPTN, yakni benar +4, salah -1, dan tidak diisi 0.

Selain itu terdapat kriteria ujian tulis bahwa di setiap bagian harus benar minimal 1/3 bagian untuk lolos nilai mati. Artinya kamu harus menjawab secara benar 40 soal TPA dan 20 soal TBI untuk lolos nilai mati.

Yang peru diperhatikan adalah lolos nilai mati bukan berarti lolos Ujian Tulis, karena yang lolos tes tertulis adalah yang lolos nilai mati, sekaligus mendapatkan jumlah skor terbaik. Artinya apabila sudah lolos nilai mati, yang menjadi persaingan berikutnya adalah jumlah skor dari setiap peserta.

Berapa nilai minimal (passing grade) untuk lolos Tes Tulis USM PKN STAN?

Ngga ada batas minimal apalagi passing grade, karena yang akan diloloskan adalah yang memiliki peringkat terbaik secara nasional (bukan per wilayah ujian). Jadi tidak didasarkan atas passing grade yaah.

Tapi kalo opini gue sendiri sih, nilai aman itu kalo sudah di atas 400 poin. Tapi, sekali lagi ini pendapat pribadi yaa.

Kapan, siapa yang milihin jurusan? Berapa jurusan yang dapat dipilih?

Pemilihan program studi dilakukan oleh calon peserta USM PKN STAN sendiri. Pemilihan program studi dilakukan saat melakukan pendaftaran USM PKN STAN secara online.

Berdasarkan pengalaman dua tahun USM STAN, semua program studi harus dipilih, hanya saja pengurutannya dilakukan sesuai prioritas pribadi.

.

.

Bonus: Galeri Pendaftaran USM PKN STAN 2016/2017:

.