pknstan6

Tentang USM PKN STAN

USM PKN STAN, atau dulunya bernama USM STAN, adalah satu-satunya sarana penerimaan mahasiswa baru (PMB) PKN STAN. Buat kamu yang belom tau, PKN STAN bukanlah termasuk Perguruan Tinggi Negeri, sehingga untuk proses penerimaan mahasiswa barunya berbeda dengan universitas negeri pada umumnya.

Jika Perguruan Tinggi Negeri terdapat beberapa gelombang penerimaan mahasiswa baru di setiap tahun, PKN STAN hanya ada sekali. Jika Perguruan Tinggi Negeri ada beberapa jenis penerimaan mahasiswa (SBNMPTN, SBM, Ujian Mandiri, dll) PKN STAN hanya ada satu. Namanya adalah Ujian Saringan Masuk PKN STAN atau disingkat menjadi USM PKN STAN.

Jadi sampai sini yang perlu kamu pahami pertama kali adalah bahwa sarana Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN bukanlah melalui SNMPTN atau SBMPTN. PKN STAN punya jalur penerimaan sendiri yang bernama USM PKN STAN.

.

Persaingan dalam USM PKN STAN

PKN STAN meskipun bukan termasuk dalam kategori Perguruan Tinggi Negeri, namun menjadi salah satu destinasi perkuliahan dengan peminatan yang sangat tinggi. Seperti pada artikel Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di STAN, kamu dapat melihat bahwa persaingan USM PKN STAN setiap tahunnya sangat ketat.

buat data2

buat data

Seperti yang kamu lihat di atas bahwa setiap tahunnya persentase peserta USM STAN yang berhasil lolos hanya berkisar 2-5% dari jumlah total peserta. Hal ini disebabkan karena jumlah peserta USM STAN setiap tahunnya sangat banyak. Bahkan USM STAN 2007 memecahkan rekor MURI untuk kategori jumlah pendaftar universitas terbanyak, yakni lebih dari 125.000 peserta.

Untuk tahun 2016 ini diperkirakan jumlah peserta semakin membludak karena ditetapkannya peraturan dari Menpan bahwa 1 orang calon peserta ujian masuk PTK hanya boleh mendaftar di 1 PTK saja. Mengingat status PKN STAN yang masih primadona dari PTK lain, maka dipastikan USM PKN STAN tahun 2016 akan lebih ketat persaingannya

(baca juga artikel: Tips Menembus USM PKN STAN)

.

Persyaratan

Untuk dapat mendaftar USM PKN STAN, syaratnya adalah:

(1) Lulusan SMA atau yang sederajat untuk semua bidang keahlian dan jurusan.

(2) Nilai rata rata ijazah (untuk lulusan 2015 dan sebelumnya) atau rapor (untuk calon lulusan SMA 2016) tidak kurang dari 70,00 (skala 1-100) dan bukan hasil pembulatan.

(3) Usia antara minimal 20 tahun per tanggal 1 September 1996. (Tanggal lahir tidak lebih awal dari 1 september 1996)

(4) Sehat, tidak cacat, dan bebas dari narkotika

(5) Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan 

(6) D-I Bea Cukai: Laki dengan tinggi minimal 165 cm, atau wanita dengan tinggi minimal 155cm

(7) D-III Bea Cukai: Laki dengan tinggi minimal 165 cm

(8) Bea Cukai: tidak boleh buta warna, dan  untuk pengguna kacamata toleransi maksimal 2 Dioptri

(9) Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000

.

Tahapan Ujian

Tahapan ujian USM PKN STAN 2016 adalah:

(1) Tes Tertulis dengan materi Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris

(2) Tes Kesehatan-Kebugaran

(3) Tes Kompetensi Dasar (baca artikel: Tes Kompetensi Dasar bagi Mahasiswa PKN STAN)

Tahapan tahapan tes dilakukan dengan metode sistem gugur.

.

Peringatan!!

Setiap kali dibuka penerimaan mahasiswa baru, Panitia USM PKN STAN selalu menyerukan satu hal penting:

Kelulusan peserta adalah prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan di luar tanggung jawab panitia.

.

Sekian pembahasan mengenai USM PKN STAN. Pertanyaan-pertanyaan (F.A.Q) seputar USM PKN STAN bisa kamu baca di sini

.

Leave a Reply